Uang Panaik Orang Bugis

Kapan Nikah (Uang Panaik)
Banyak dari masyarakat luar dari Sulawesi selatan mencibir pernikahan Bugis, Karena mahalanya mahar dan uang panai yang harus di berikan untuk saat ini berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah. mereka beranggapan seolah-olah sedang membeli anak gadis nya orang lain.

Pernikahan bugis dan makassar bai sebagian orang sangat memberatkan. Mengingat besarnya jumlah uang panai atau uang belanja bagi pihak mempelai pria yang harus di bayarkan kepada mempelai wanita. Mestinya bukannya mahanlnya yang dipersoalkan namun hakikatnya nikah bugis dan makassar adalah mempertemukan dua keluarga besar dengan segala identitas dan status sosial. Selain itu juga sebagai melestarikan garis silsilah di masyarakat.

Dari hal ini lahir lah yang namanya perantau , atau yang lebih dikenal dengan saudagar .arti saudagar ini menilik pergi merantau untuk meninggalkan kampung halaman. Masyarakat bugis dan makassar pun sejak dahulu terkenal suka merantau terbukti dengan kapal phinisi yang legendaris di gunakan masyarakat bugis dalam pergi merantau melewati batas-batas negara dan benua sejak zaman dahulu. Dan sekarang pun masyarakat dunia mengakui kehebatan perahu phinisi ini yang sangat terkenal.

Bahkan kepiwaian suku- Bugis Makassar dalam mengarungi samudra cukup dikenal luas dan wilayah perantuan mereka pun hingga Australia, Madagaskar dan Afrika Selatan. Bahkan pinggiran kota cape Town Afrika Selatan terdapat sebuah suburb atau setingkat kecamatan yang bernama Maccassar, sebagai tanda tangan penduduk setempat mengingat tanah asal nenek moyang mereka.


Salah satu alasan masyarakat bugis dan makassar pergi merantau adalah baut mengumpulkan pundi-pundi harta yang banyak buat melamar gadis pujaan hatinya. Sebab dari sinilah dapat dilihat ketulusan cinta sang lelaki .yah tentu saja kata cinta yang tidak bermodalkan kata namun perbuatan Dan sejatinya cinta suci adalah yang diresmikan oleh ikatan pernikahan. 

Saya teringat pidato mantan Wapres HM Jusuf Kalla saat berada di Papua. Katanya, etos kerja orang Bugis sangat tinggi karena punya banyak keinginan-keinginan, termasuk keinginan menikah di kampungnya sendiri. “Mengapa orang Bugis rajin bekerja? Karena mereka punya banyak keinginan-keinginan. Mereka ingin menikah dengan panai’ (uang naik) yang tinggi. Setelah itu mereka ingin punya rumah. Setelah itu mereka mau naik haji. Kalau sudah haji, mereka ingin kawin lagi. Maka prosesnya kembali dari awal,” kata Jusuf Kalla...

kalau kita melihat dari kacamata sejarah islam pun bagaimana seorang  Muhammad Muda merantau Muhammad muda telah menjadi pedagang internasional sejak 12 tahun. Beliau ikut pamannya melakukan perjalanan bisnis ke Syam (sekarang Suriah) dan sejak berumur 16 tahun beliau ke Yaman, Suriah, dan beberapa negara teluk sekarang.


Kemampuan bisnisnya membuat Muhammad muda menjadi seorang pengusaha sukses yang kaya raya. Sebagai gambaran bisa kita lihat mahar (mas kawin) yang diberikan Muhammad muda ketika melamar Khadijah.

Ia menyerahkan 20 ekor unta sebagai mahar. Menurut suatu riwayat, ditambah dengan 12 uqiyah (ons) emas. Suatu jumlah yang sangat besar apabila dikonversi ke mata uang kita sekarang.

Harga unta standar sekarang mencapai 4.000 riyal (untuk unta pilihan tentu saja lebih mahal). Jika 1 riyal sama dengan Rp. 2.500, maka harga satu unta mencapai 10.000.000. Maka mahar unta yang diberikan Muhammad senilai Rp. 200.000.000.
Lalu, bagaimana dengan emasnya?

Satu uqiyah sama dengan 7,4 dinar. Satu dinar setara dengan Rp. 1,5 juta (ketika buku ini ditulis, harga dinar masih segitu. Sekarang sudah 1,8 juta). Artinya mahar emas yang diberikan Muhammad muda senilai dengan 12 uqiyah x 7,4 dinar/uqiyah x 1,5 juta, sama dengan Rp. 133.200.000.
Tidak pernah ada kisah Muhammad muda bangkrut gara-gara lamaran ini. Artinya, ada kemungkinan kekayaan sebenarnya masih lebih besar.


Keinginan menikah dan melamar gadis yang kita sukai harusnya dimasukkan ke dalam keadaan kepepet dan darurat mengapa ?


Bagaimana  seandainya, keinginan menikahi  orang yang paling   Anda sayangi dan cintai . Jika tidak anda buat keputusan , maka (maaf) gadis yang anda sudah taksir sejak lama ini  dan ingin anda nikahi akan di lamar oleh orang lain.. Sedangkan pernikahan ini  hanya bisa dilaksanakan jika anda menyerahkan uang tunai sejumlah 105 juta rupiah baut biaya uang panai dan pernikahan  sebelum jam 9 esok hari. Bagaimana? Apakah anda masih akan mengatakan tidak bisa? Mayoritas akan menjawab, “Harus bisa”. Kenapa? Karena KEPEPET, jika tidak, orang yang kita cintai tersebut akan melayang. dilamar orang lain.
Jadi sebenarnya jika dalam kondisi yang terdesak dan tidak diberikan pilihan untuk “tidak bisa”, manusia akan mencari jalan untuk berfikir “Bagaimana Harus Bisa”. Tetapi kenapa sukses, kaya, membahagiakan orang tua atau keluarga,dan menikah  seolah bukan suatu kebutuhan yang mendesak?

Selain itu jika kita menikahi, saya merasa tidak rugi  sebab, wanita bugis terkenal akan kesetiaannya kepada pasangannya hal ini bisa dilihat dari rendahnya angka perceraian yg terjadi di sulawesi selatan, selain itu sejaak dahulu orang bugis sul-sel terkenal sebagai pelaut ulung meskipun mereka melaut beberapa bulan  hingga tahunan namun istrinya tetap setia menunggu kedatangan suaminya.
Share on Google Plus

About Unknown

Terimakasih atas kunjungan anda, sebarberbagi adalah Media Literasi yang mengharapkan tersampainya informasi Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori.

0 comments:

Post a Comment